Sabtu, 01 Desember 2012

[Trik] Tutorial Gedit

Assalamu 'alaikum. :)

Tak sedikit dari kita berfikir bahwa gedit hanyalah editor teks biasa sama halnya notepad bawaan Windows. Pemahaman inilah yang saya pahami selama menggunakan Gedit untuk teks editor. hanya bisa melihat teks warna hitam dan backgournd putih saja :D Tapi, pemahaman saya tentang gedit ini berubah ketika salah seorang teman saya menggukan gedit ini untuk coding bahasa PHP dan HTML. dari situlah saya coba tanya ama sesepuh google tentang tutorial Gedit.  ternyata banyak hal yang saya dapatkan tentang gedit, dimana kita bisa menambahkan plugin agar mengubah Kemampuan Gedit bisa seperti Notepad++ di Windows. untuk menginstall plugin Gedit ini silahkan buka terminal anda atau tekan tombol kombinasi " Ctrl + Alt + T " . ketikan perintah di bawah ini

~$ sudo apt-get install gedit-plugins
Setelah berhasil penginstalan silahkan buka gedit kawan-kawan . lalu buka menu Edit -- >plugin-->lalu centang kesemua plugin yang tersedia. seperti gambar ini;

1.1

Kemudian, untuk mengecek sintanx apa saja yang bisa di pakai. silahkan buka menu Tools atau dalam bahasa Indonesianya Perkakas. kemudian buka Manage Snippets .seperti gambar ini ;
1.2
Banyak sekali bahasa pemrogrman yang support di gedit tidak kalah dengan Notepad++  (y). Dengan Snippets ini memudahkan anda dalam menulis coding. jadi anda tidak capek-capek lagi nulis :D contoh nya lihat gambar di bawah ini ;
1.3
Agar bisa seperti ini, kita perlu menyeting Snippet. coba anda lihat gambar 1.2 , Ada kata Global. kita bisa menambahkan bermacam-macam bahasa program ke dalamnya dengan meng-klik tombol "+". agar bisa memanggil sintanx yang telah kita buat. kita harus menentukan pemicu Tab nya. sebagai contoh ketika saya ketik HTML lalu saya tab. maka akan muncul seperti gambar 1.3
belum sampai disitu, agar bisa menimbulkan efek warna seperti di Notepad ++ . maka kita perlu menyeting bahasanya . lihat gambar di bawah ini ;
1.4
anda bisa memilih bahasanya . lalu lihat perubahannya . :)

Sekian tutorial kali ini. semoga bermanfaat bagi kita (y).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar