Jumat, 05 Juli 2013

8 Tanda Awal Kehamilan

Courtesy Flickr.com/Sebastian Laban
 Terlambat haid adalah salah satu tanda kehamilan, tetapi terkadang kan jadi kurang yakin apabila hanya terlambat saja. Bisa jadi memang di bulan itu haid sedang tidak datang.
Hmm... bagaimana ya untuk mengetahui Anda hamil atau tidak? Tentunya pertama kali Anda bisa melakukan cek dengan alat tes kehamilan. Apabila hasilnya positif, Anda bisa melanjutkan cek dengan menemui dokter kandungan pilihan Anda.
Namun, saat ini biasanya dokter kandungan yang berkualitas tidak bisa langsung ditemui. Apalagi kalau pasiennya ramai. Bisa-bisa Anda harus membuat perjanjian bertemu seminggu sebelumnya.
Mengatasi keresahan Anda, lebih baik cermati beberapa tanda kehamilan berikut ini:
Gelisah
Tanda awal kehamilan adalah Anda merasa gelisah tanpa sebab. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Gil Gross, seorang ahli ginekolog di Washington University School of Medicine, St. Louis.
Apabila hal ini terjadi, jangan atasi dengan minum kopi. Tetapi terlebih dengarkan tubuh Anda dan biarkan agar tetap rileks.
Benci makanan tertentu
Tiba-tiba Anda menjadi benci makanan tertentu. Bahkan Anda tak bisa mencium aromanya. Nah, ini adalah tanda kedua kehamilan, di mana banyak wanita mendadak sensitif dan enggan pada makanan tertentu. Bahkan bisa emosi saat mencium aromanya.
Indera penciuman yang sensitif
Saat sedang hamil, indera penciuman menjadi sangat sensitif. Anda bisa mencium aroma parfum, aroma tubuh, bahkan asap rokok sekalipun pasangan Anda sudah mandi. Dan hal ini terkadang mengganggu apabila memang Anda merasa tak suka.
Mual-mual
Umumnya mual-mual di awal kehamilan terjadi di pagi hari. Namun ada pula yang mengalaminya nyaris sepanjang hari. Mual-mual ini akan berakhir apabila Anda telah melewati masa kehamilan 19 minggu.
Hal ini biasanya disebabkan karena meningkatnya hormon beta-HCG. Usahakan agar perut tidak kosong saat Anda merasa mual. Cari makanan yang dapat meringankan rasa mual Anda.
Payudara membesar dan lembut
Ukuran payudara umumnya berubah menjadi lebih besar. Payudara menjadi lebih kenyal dan lembut. Dan inilah saatnya Anda mencari bra yang ukurannya lebih besar dan menunjang dengan nyaman.
Buang air kecil
Anda jadi sering buang air kecil, bahkan saat Anda terlelap dalam tidur Anda jadi terbangun karena ingin buang air kecil. Hal ini terkadang tak berhubungan dengan konsumsi minum Anda, tetapi memang normal terjadi pada mereka yang sedang hamil.
Nafas menjadi lebih pendek
Anda seringkali merasa sesak nafas dan nafas menjadi lebih pendek saat sedang hamil. Hal ini disebabkan Anda memang membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk perkembangan janin.
Untuk itu, gunakan busana yang tidak terlalu ketat sehingga Anda bisa bernafas lebih lega.
Perubahan tubuh lainnya
Perubahan tubuh lain juga terjadi saat sedang hamil. Biasanya pinggul akan mulai lebih lebar, warna miss V berubah serta rahim menjadi lebih lembut.
Mendapati tanda-tanda di atas? Wah, selamat ya Anda sedang hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar