Senin, 07 Oktober 2013

Putus Cinta Kok Makin Kurus?

Putus cinta rasanya berjuta-juta sakitnya. Ada yang sampai nangis berhari-hari, ada yang galau berbulan-bulan, dan biasanya sih.. makin kurus, atau sebaliknya, makin gemuk. Kenapa bisa begitu ya?


Marina Pearson dan Debra Smouse dari YourTango menjelaskan mengapa seseorang bisa kehilangan selera makan saat putus cinta. Penyebabnya adalah rasa kecewa dan sakit saat putus cinta menyebabkan stres. Stres secara langsung akan mengaktifkan hormon dan berpengaruh pada selera makan dan sistem kekebalan tubuh.
Tidak heran jika mereka yang putus cinta tidak ada selera makan, semua makanan terasa hambar. Akibatnya, berat badan turun dan semakin kurus. Ada juga yang melampiaskan sakit hati pada makanan. Makan apa saja walau rasanya hambar tapi bisa menenangkan rasa sakit setelah putus. Akibatnya, berat badan naik dan semakin gemuk.
Kedua hal ini bisa terjadi pada wanita, biasanya yang bertambah gemuk setelah putus cinta memang terbiasa melampiaskan perasaan pada makanan, karena hal itu membuatnya nyaman.

Dalam banyak kasus, setelah perasaan kembali normal, selera makan akan kembali seperti semula. Biasanya yang kehilangan berat badan akan kembali seperti semula. Sedangkan yang bertambah gemuk juga demikian, asal penambahan berat badan tidak terlalu banyak. Jika terlalu banyak, dibutuhkan olahraga atau diet untuk mengembalikan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar