Kamis, 15 Agustus 2013

Kabel “Charger” iPhone dan Macbook yang Rusak

Untuk memiliki perangkat canggih keluaran Apple seperti iPhone, iPad dan atau Macbook tidak hanya memerlukan kocek besar untuk membelinya. Tapi juga harus mempersiapkan biaya yang tak kalah besarnya dalam perawatan dari setiap komponen yang menyertainya. Bagi sebagian orang, tampilan muka atau case menjadi hal penting untuk selalu terlindungi dari segala resiko yang dapat menyebabkannya rusak. Namun, bagi saya charger/adapter/magsafe atau pengisi daya dari tiap perangkat itu tak kalah penting agar tetap terjaga fungsinya.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya selalu bermasalah dengan kabel chargeriPhone dan Macbook yang saya miliki. Keduanya nyaris terputus akibat penggunaan yang sembarangan dan terlampau sering. Awalnya saya berpikir praktis, jika rusak beli saja yang baru! Tapi, setelah melihat harga pengisi daya kedua gadget tersebut—iPhone dan Macbook—saya mengurungkan niat untuk berpikir membeli yang baru kecuali memang benar-benar sudah hancur. Bayangkan saja, harga baru untuk sebuahcharger Macbook sekitar Rp 1.000.000 dan charger iPhone sekitar Rp 300.000 - Rp 400.000!

Sebenarnya bisa saja membeli yang KW, tapi sangat beresiko. Pemberitaan akhir-akhir ini cukup membuat ngeri untuk membeli charger palsu. Akhirnya saya mencari cara agar kabel charger iPhone dan Macbook tetap terjaga meski hampir putus karena komponen kabel-kabel kecil di dalamnya sudah terurai keluar. Saya mencoba dengan membalutnya dengan selotip atau lakban berwarna hitam. Namun, hanya bertahan beberapa minggu saja karena perekat pada selotip atau lakban jenis tersebut tidak cocok dengan bahan kabel charger kedua gadget itu.

Harga charger yang mahal membuat saya terus berusaha mencari cara lain untuk mengatasi masalah ini. Masih dengan alat yang sama yaitu selotip, kali ini saya mencoba membalutnya dengan selotip yang biasa digunakan untuk pipa paralon atau selotip PVC dan atau seal tape—sesuai info dari mas Daniel Setiawan di kolom komentar tulisan ini. Bahan selotip yang lunak seperti karet dan memiliki daya rekat yang cukup kuat di material luar kabel charger, ternyata membuatnya bertahan lama. Hampir setengah tahun sudah saya menggunakan selotip jenis ini untuk membalut kabel charger iPhone dan baru-baru ini saya juga membalut kabel charger Macbook yang bernasib serupa, yakni komponen kabel yang terurai keluar.
Berikut langkah membalut kabel charger kedua gadget besutan Apple tersebut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar